Cara Mengobati Penyakit Pernafasan Pada Ayam


Penyakit Pernafasan (CRD=cronic respiratory disease) ini sangat seakan-akan sekali dengan penyakit pilek atau snot, yang sanggup menular, menyebar lewat udara, kontak dengan penderita, dibawa hewan lain ke sangkar atau makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Berikut dibawah ini ialah beberapa klarifikasi mengenai penyakit ini, agar goresan pena sangat bermanfaat bagi Anda, khususnya pecinta ternak ayam.

Gejala Penyakit Pernafasan Pada Ayam

Gejala penyakit ini seakan-akan dengan penyakit pilek atau snot, namun sifatnya kronis atau menahun, yang lambat pengaruhnya, sehingga yang terjangkit akan cacat seumur hidup dengan produktifitas rendah. Kepala sering digeleng-gelengkan untuk mengatasi sesak nafas terutama di malam hari. Cairan lendir biasanya menetes dari hidung dan paruh kalau ayam menunduk.

Penyebab, pencegahan dan pengobatan penyakit pernafasan pada ayam

Penyebab penyakit ini ialah bakteri Mycoplasma gallisepticum. Biasa menyerang pada dikala kondisi masbodoh dan lembab. Pencegahan diupayakan dengan sanitasi kandang. Ayam sakit dipisahkan dari yang sehat.

Ayam sehat diberi vitamin antistress dan pakan yang cukup gizi. Bagi induk-induk yang terkena serangan penyakit ini sebaiknya dipotong dan dikonsumsi, jangan dijadikan induk, alasannya ialah produktifitasnya akan terganggu. Sementara untuk ayam yang sakit sanggup diobati dengan antisnot dikandangkan dalam sangkar yang lebih hangat.
Back To Top