Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam

Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam Penyakit ini dikenal dengan penyakit berak darah.


Penyakit ini sangat dikenal di peternak-peternak ayam alasannya ialah kejadiannya sering dan sering memakan korban banyak anak-anak ayam dibawah umur 2 bulan, meskipun penyakit ini sanggup juga menyerang ayam-ayam dewasa.

Gejala Penyakit Coccidiois Pada Ayam

  • Ayam lemah, lesu, nafsu makan berkurang
  • Bulu kusam, sayap menggantung bahkan bulu-bulu bangun ibarat kedinginan
  • Posisi ayam bangun sering membungkuk ibarat menahan sakit perut
  • Kotoran encer berwarna merah, lalu menjadi merah kehitaman
  • Pengamatan bedah bangkai terlihat radang usus halus atau usus buntu dengan pendarahan yang terang terlihat.

Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Coccidiois Pada Ayam

Penyebab penyakit ini ialah Protozoa coccidian, yang cepat menular terutama pada kondisi cuaca berair atau lembab. Protozoa ini menyerang sel-sel mukosa usus dan menjadikan peradangan dan pendarahan. Pencegahan dilakukan terutama dengan sanitasi kandang, dijaga semoga kotoran tidak mencemari pakan dan air minum.

Pemberian komplemen vitamin pada cuaca lembab sanggup meningkatkan ketahanan badan ayam. Pemberian obat anti koksidiosis pada anak-anak ayam umur 7 hari sanggup mengurangi serangan penyakit lalu diulang lagi dan diwaktu terjadi wabah, seluruh ayam sanggup diberi obat koksidiosistat sesuai takaran yang dianjurkan.

Pengobatan pada ayam-ayam yang terjangkit sanggup dilakukan dengan menggunakan obat-obat tersedia di toko unggas dengan takaran dan dukungan sesuai anjuran.

Ayam-ayam sakit tersebut diisolir dari ayam sehat, sangkar ayam yang sakit sebaiknya setiap hari dibersihkan. Pemberian pakan dengan gizi baik pada ayam-ayam sakit sanggup memperkuat tubuh.
Back To Top