Mengenal Ayam Pelung, Kedu, Dan Merawang

Ayam Pelung

Ayam pelung memiliki ciri khas sebagai ayam penyanyi, namun memiliki bobot per-ekornya relatif lebih tinggi dari ayam kampung.


Ayam pelung berasal dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI), pada akhir-akhir ini banyak menyebarkan ayam pelung dan melakukan kontes.


Manfaat lain yaitu dijadikan sumber keturunan untuk dikawinkan dengan ayam kampung, yang memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan turunan ayam kampung murni.

Ayam Kedu

Ayam Kedu memiliki ciri khas kebanyakan berwarna bulu hitam dan memiliki kemampuan bertelur mencapai di atas 40 % pada pemeliharaan intensif. Perawakan ayam Kedu seolah-olah dengan perawakan ayam kampung pada umumnya. Ayam ini banyak dikembangkan di kawasan Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Warna kulit dan daging kebanyakan berwarna gelap, sehingga kurang disukai konsumen.

Ayam Merawang

Ayam Merawang memiliki ciri khas warna bulu mayoritas kuning kemerahan dengan kulit dan daging berwarna kuning. Perawakan relatif lebih gemuk dibandingkan dengan ayam kampung.

Produksi telur relatif sama dengan produksi ayam kampung. Ayam ini berasal dari Kecamatan Merawang, pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung. Konon ayam ini berasal dari Tiongkok yang dibawa ke pulau Bangka beberapa ratus tahun yang lalu.
Tag : Jenis-Ayam
Back To Top