Vaksinasi Pada Ayam Jawa Super

Vaksinasi yakni salah satu cara yang paling terkenal dilakukan untuk mencegah aneka macam penyakit pada unggas. Karena penyakit yang paling banyak menyerang ayam yakni tetelo atau New Castle Deseases (ND), vaksinasi terpenting yang harus dilakukan yakni vaksinasi ND. Vaksinasi ini termasuk vaksinasi yang paling murah dan dapat dilakukan oleh para peternak kecil sekalipun. Karena ayam jawa super termasuk ayam yang tahan terhadap perubahan cuaca dan tahan terhadap penyakit, cukup di vaksinasi ND. Namun, jikalau terjadi wabah penyakit lain, tidak tertutup kemungkinan dilakukan vaksinasi lainnya.


Dalam pelaksanaan vaksinasi ND, faktor yang perlu diperhatikan yakni jadwal vaksinasinya. Vaksinasi ND pertama yang biasa diberikan kepada ayam buras, yakni ketika ayam berumur empat hari, vaksinasi ND kedua ketika ayam berumur empat bulan, dan vaksinasi ND ketiga dilakukan ketika ayam berumur empat bulan, dan vaksinasi terus dilanjutkan setiap enam bulan (4-4-6). Namun, untuk ayam jawa super dapat dilakukan vaksinasi ND pertama ketika ayam berumur satu hari, vaksinasi ND kedua ketika ayam berumur empat minggu, dan vaksinasi ND ketiga ketika ayam berumur empat bulan (1-4-4).

Vaksinasi dihentikan dilakukan secara ceroboh. Karena dapat mengakibatkan ayam menderita stres, bahkan dapat mengakibatkan penyakit. Karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum menawarkan vaksinasi kepada ayam jawa super.
  1. Ayam jawa super yang akan divaksinasi harus dalam keadaan sehat. Jika dalam keadaan sakit atau kurang sehat, tidak tidak mungkin justru akan memperparah penyakitnya.
  2. Peralatan yang dipakai harus steril (suci hama) dari aneka macam macam kuman/bakteri/virus. Peralatan yang terdiri dari pipet, spuit, dan botol pencampur harus direndam terlebih dahulu di dalam air mendidih selama lebih kurang lima menit biar kuman/bakteri/virus yang menempel mati.
  3. Vaksin yang dipakai dihentikan terkena sinar matahari secara langsung. Karena itu, sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin (kulkas) atau daerah yang sejuk.
  4. Vaksin yang telah dicampur lebih dari empat jam dihentikan digunakan.
  5. Vaksinasi sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, dan pilih daerah yang sejuk serta nyaman bagi ayam.
  6. Mematuhi petunjuk pemakaian vaksin sesuai yang tertera pada kemasan.
Catatan :
  • Kenali aneka macam jenis penyakit yang menyerang ayam jawa super, beserta pencegahan dan langkah pengobatannya (jika sudah ada obatnya).
  • Gunakan prinsip lebih baik mencegah dari pada mengobati penyakit.
  • Lakukan vaksinasi secara sempurna dan benar.
Oleh Mas Bagong Mulyono & Purnomo Raharjo
Back To Top