Panduan Lengkap Ternak Kambing Kacang

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Serta Ciri-Ciri Kambing Kacang Bagi Pemula – Kambing kacang ialah jenis kambing orisinil Indonesia yang mempunyai karakteristik : mempunyai tubuh yang kecil, indera pendengaran pendek, punggung meninggi, leher pendek, jantan maupun betina mempunyai tanduk. 

Namun banyak yang berterna atau budidaya kambing kacang ini. Berikut ini ialah cara budidaya kambing kacang:

PANDUAN LENGKAP TERNAK KAMBING KACANG

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Serta Ciri PANDUAN LENGKAP TERNAK KAMBING KACANG
KAMBING KACANG
Pemilihan Indukan Kambing Kacang

Kambing kacang yang akan dijadikan indukkan haruslah memenuhi syarat sebagai indukan yang baik. Berikut ini syarat calon indukan jantan dan betina kambing kacang:


Jantan

Sehat
Dapat tumbuh dengan cepat sesuai umurnya
Memiliki bulu yang bersih
Memiliki tubuh panjang , kaki lurus dan tidak cacat fisik
Penampilan gagah dan mempunyai rumit yang panjang
Aktif dan lincah
Nafsu makan dan kawin tinggi, praktis ereksi dan mempunyai zakar yang normal
Betina

Sehat
Memiliki bulu yang higienis dan mengkilap
Tidak terlalu gemuk
Tidak cacat fisik
Alat kelamin normal
Susu dan ambing normal
Cara Memperkiraan Usia Kambing
Anda harus sanggup memperkirakan umur kambing kacang yang akan atau sudah anda pelihara dengan cara melihat jumlah gigi yang tumbuh:

Apabila seluruh gigi belum permanen berarti kambing berusia kurang dari 1 tahun
Apabila mempunyai 1 pasang gig permanen berarti kambing berusia 1-2 tahun
Apabila mempunyai 2 pasang gig permanen berarti kambing berusia 2-3 tahun
Apabila mempunyai 3 pasang gig permanen berarti kambing berusia 3-4 tahun
Apabila mempunyai Keseluruhan permanen berarti kambing berusia 4-5 tahun

Persiapan Kandang Kambing

Kandang kambing sebaiknya dibentuk mengarah ke timur supaya sanggup memenuhi kesehatan kambing dengan sinar cahaya matahari secara langsung. Sebaiknya sangkar kambing di buat dengan model panggung dan mempunyai atap serta kawasan pakan dan minum yang bersih. 

Selain itu sangkar diberi ventilasi udara di cuilan dalam supaya kambing sanggup melaksanakan sirkulasi udara dengan baik. Berikut ini ialah ukuran sangkar kambing yang ideal:

Untuk anakan kambing sangkar dibentuk dengan ukuran 1 x 1,2 m untuk 2 ekor anakan
Untuk kambing jantan berilmu balig cukup akal sangkar dibentuk dengan ukuran 1,2 x 1,2 m per ekor
Untuk kambing betina berilmu balig cukup akal sangkar dibentuk dengan ukuran 1 x 1,2 m per ekor
Untuk kambing indukan dan anakan sangkar dibentuk dengan ukuran 1,5 x 1,5 per indukan + 2 anakan.

Kambing akan melaksanakan perkawinan kalau telah menginjak usia berilmu balig cukup akal yaitu 6-8 bulan yang di tandai dengan munculnya berahi. Umumnya usia kambing sanggup anda lihat dari gigi. Kambing betina siap di kawinkan pada usia sekitar 10-12 bulan sedangkan kambing jantan pada usia lebih dari 1 tahun .

Ciri –ciri kambing betina yang ingin meminta kawin yakni terlihat sangat gelisah, mengalami pembengkakan pada alat kelamin menyerupai kelamin menjadi lembap , kemerahan dan hangat, ekor sering di gerakan, nafsu makan mulai berkurang, membisu saja waktu dinaiki oleh kambing pejantan. Kondisi ini berlangsung selama 30 jam dan mempunyai siklus kawin 17 hari.

Waktu mengawinkan yang paling baik yaitu 12–18 jam sehabis muncul gejala meminta kawin. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah proses perkawinan dan memperkecil risiko kegagalan perkawinan. Perlu diingat kambing jangan dikawinkan sedarah alasannya ialah akan mengakibatkan keanehan dan juga produksi anakan akan semakin menurun.

Masa Kelahiran Kambing

Kambing yang akan melahirkan mempunyai tanda –tanda menyerupai tampak lebih gelisah, kaki mengaruk-garuk ke tanah, pinggul kambing mengendur, mengembik, ukuran perut kambing lebih besar dan kalau di pijat atau pencet akan mengeluarkan cairan(kolseterum) dan nafsu makan menurun serta alat kelamin membengkak.

Perawatan Anakan Kambing

Sebagian kambing yang gres melahirkan tidak mau memperhatikan anak yang gres di lahirkannya, maka sebaiknya dekatkan anakan dengan indukan supaya indukan mau menyusui anakan. Tapi bila indukan tidak mau menyusui sebaiknya anda menciptakan susu buatan menyerupai adonan susu putih, satu sendok gula dan sebutir telur ayam kemudian campurkan sampai merata. Berikan susu tersebut sebanyak 2 kali sehari sampai indukan mau menyusui anaknya sendiri.

Pemberian Pakan kambing

Ada dua jenis pakan yang diberikan pada kambing yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan hijauan yaitu pakan yang berasal dari alam berupa rerumputan dan kacang-kacangan, sedangkan pakan konsentrat yaitu pakan buatan berupa dedak padi atau ampas tahu dan lain-lain.
Back To Top