Cara Biar Kampung Menguntungkan

Ayam kampung sebetulnya mempunyai nilai hemat yang tinggi. Namun hal itu belum sanggup menjadi sumber ekonomi yang diandalkan untuk ketika itu. Problem tersebut lebih disebabkan lantaran administrasi bisnis ternak ayam kampung yang belum efektif dan efisien. Ketidak efektifan ternak ayam kampung selama ini ialah pada sistem pemeliharaan yang dibentuk secara umbaran. Pada model pemeliharaan ayam semacam ini, penyakit sulit dikontrol dan efisiensi pakan juga sangat rendah, sehingga tidak menguntungkan.


Agar ternak ayam kampung lebih menguntungkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bahkan berpotensi ekspor ialah dengan ternak ayam kampung yang dikandangkan. Ini penting untuk memudahkan pengontrolan terhadap penyakit dan kesehatannya lebih terjaga. Seperti diketahui selama ini penyakit "tahunan" sering menyerang ternak ayam kampung umbaran secara sporadis.

Keuntungan dari sistem ternak ayam kampung yang dikandangkan ialah tingkat maut ayam kampung yang sanggup ditekan secara signifikan. Selain problem kesehatan, beberapa sifat jelek ayam kampung juga sanggup dikurangi dengan model menyerupai ini. Misalnya saja sifat mengeram, dengan rekayasa genetik sifat mengeram ini sanggup dikurangi.

Sifat lain ialah sifat kanibal atau sifat bernafsu menyerang ayam lain. Sifat bernafsu sanggup dikurangi dengan cara seleksi dan memakai sangkar litter. Selain itu sifat bernafsu sanggup dikurangi dengan penggunaan ransum dengan serat kasar tinggi, mengurangi kepadatan populasi dalam sangkar dan menciptakan sangkar tidak terlalu terang. Agar sangkar tidak terlalu jelas pada siang hari, sangkar sanggup diberi tirai.

Solusi Agar Kampung Menguntungkan

Usaha ternak ayam kampung selama ini masih memakai teknologi budidaya yang tradisional dan belum sesuai yang diperlukan dan mempunyai produktivitas rendah. Hal ini dikarenakan semoga pengembangan peternakan ayam lokal harus merupakan perjuangan agribisnis. Perubahan-perubahan yang perlu dilakukan ialah peternak harus menentukan perjuangan antara telur dan daging secara terpisah.

Pemeliharaan ayam lokal sebagai penghasil daging atau telur secara intensif melalui perbaikan administrasi pemeliharaan (ransum, vaksinasi, perkandangan), peningkatan skala perjuangan dan permodalan sanggup menghasilkan pemanis pendapatan bagi peternak yang lebih besar.

Spesialisasi ini terutama sanggup dilakukan di kawasan sekitar kota besar, menyerupai ketika ini sudah mulai berkembang. Tetapi untuk kawasan pelosok pedesaan sistem pemeliharaan masih merupakan adonan untuk menghasilkan telur tetas atau telur konsumsi dan ayam potongan.

Jika contoh administrasi ternak ayam kampung telah dilakukan dengan baik maka tidak tidak mungkin perjuangan ternak ayam kampung akan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. Tidak hanya itu produk ayam kampung menjadi komoditas yang sanggup di ekspor. Namun semuanya perlu perbaikan perjuangan ternak dari mulai pembibitan, pemeliharaan sampai pasca produksinya. Semoga dengan ini anda sukses menjadi peternak ayam kampung.

Sumber : Books Google
Back To Top