Cara Melawan Penyakit Tetelo Pada Ayam

Penyakit yang disebabkan oleh virus newcastle disease (ND) ini merupakan momok paling angker bagi peternak ayam. Virus ND termasuk jenis virus ganas. Angka ajal tanggapan serangan penyakit ini cukup tinggi, adalah mencapai 80 % bahkan tak jarang mencapai 100 %. Sifat virus ND tidak tahan terhadap sinar matahari, panas tinggi, fumigasi, larutan formalin 1-2 %, serta larutan kalium permanganat (KP). Apabila tersembunyi di dalam tumpukan gabah kering (litter), virus ND sanggup bertahan hingga lebih dari dua bulan.


Ayam yang terjangkit virus ND akan mengembangkan virus melalui lendir yang keluar dari rongga mulut, lubang hidung, atau feses (kotoran). Virus juga sanggup ditularkan melalui kontak pribadi ayam yang sakit dengan ayam yang rentan (mudah) tertular). Virus ini pun sanggup berpindah daerah melalui debu, peralatan kandang, dan litter bekas ayak sakit. Angin, serangga serta burung liar juga turut membantu terjalinnya kontak penyakit.

Agar ayam kampung tidak terjangkit penyakit tetelo, sebaiknya dilakukan pencegahan dengan vaksinasi, mencuci sangkar serta peralatan bekas pakai dengan memakai disinfektan, mengganti litter baru, dan mencegah masuknya mediator yang sanggup membawa virus ke dalam kandang.

Gejala-Gejala Ayam Terkena Penyakit Tetelo

  • Excessive mucous di trakea.
  • Gangguan pernapasan dimulai dengan megaop-megap, batuk, bersin dan ngorok waktu bernapas.
  • Ayam tampak lesu.
  • Nafsu makan menurun.
  • Produksi telur menurun.
  • Mencret, kotoran encer agak kehijauan bahkan sanggup berdarah.
  • Jengger dan kepala kebiruan, kornea menjadi keruh, sayap turun, otot badan gemetar, kelumpuhan hingga gangguan saraf yang sanggup mengakibatkan kejang-kejang dan leher terpuntir.

Penanggulangan Penyakit Tetelo Pada Ayam

  • Ayam yang tertular harus dikarantina atau jika sudah pada stadium berbahaya maka harus dimusnahkan.
  • Vaksinasi harus dilakukan untuk memperoleh kekebalan. Vaksinasi pertama, dilakukan dengan cara pinjaman melalui tetes mata pada hari ke 2. Untuk berikutnya pinjaman vaksin dilakukan dengan cara suntikan di intramuskuler otot dada.
  • Untuk memudahkan untuk mengingat mengenai waktu pinjaman vaksin, seorang pakar menyarankan semoga menunjukkan vaksin ini dilakukan dengan contoh 444. maksudnya vaksin ND diberikan pada ayam yang berumur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan dan seterusnya dilakukan 4 bulan sekali. Akan tetapi contoh pinjaman ini sanggup dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan efektivitas terbaik dari hasilnya.
Referensi : https://mandailingfarm.wordpress.com/penyakit/penyakit-tetelo/
Back To Top