Usaha Kampung

Buatlah sangkar yang terpisah dari rumah, buatlah ganjal sangkar kira-kira 40 cm dari tanah, semoga tetap kering dan gampang membersihkan kotoran.

Kandang diarahkan ke timur dan dinding depan dibentuk dari bambu belah dengan jarak kira-kira 3 cm, semoga cahaya matahari pagi sanggup masuk ke kandang. Tempat bertelur, buatlah dari kotak yang alasnya diberi jerami. Sediakan kawasan untuk bertengger dari kayu atau bambu.

Cari Benih Yang Berkualitas

Untuk bibit yang dari telur, pilihlah telur yang bundar jangan lonjong. Bila bibit dari ayam pilihlah yang gemuk dan sehat, cari yang gerakannya lincah dan bulunya mengkilat. Banyak telur yang dierami induk maksimal 12 butir. Telur ayam akan menetas 21 hari.

Lakukan Pemberian Pakan Dengan Baik Dan Teratur

Untuk anak ayam umur 0-2 bulan, berilah makan dari bekatul dan tepung ikan, tambahkan vitamin A, D, dan B Komplek sebanyak 1% dari makanan. Makanan dan minuman letakkan diluar sangkar yang sanggup dijangkau oleh ayam.

Untuk anak ayam umur 3 bulan ke atas, masakan sanggup berupa jagung, padi (gabah) yang dicampur dengan antibiotik ibarat vegofac, vitafak atau sanggup pula ditambah hijauan antara lain daun pepaya, kangkung, bayam dipotong-potong, tepung kerang, bekicot atau siput pecah.

Penanggulangan Penyakit

Pemberian makanana dan minuman sebaiknya dicampur dengan air panas, sehingga perut ayam hangat, tidak gampang terkena penyakit. Usahakan sangkar dalam keadaan kering dan bersih. Berilah minum yang dicampur obat, seminggu sekali. Bila ada ayam yang sakit, cepat dipisahkan semoga tidak menular.

Sumber : Books Google
Back To Top