Cara Derma Makanan Pada Kawanan Ayam

Pada artikel saya sebelum mengenai Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan hingga 6 Bulan kini saya akan membahas ihwal Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam. Ilmu pengetahuan memberi petunjuk-petunjuk kepada kita dalam faktor cara memberi makanan. Tetapi pinjaman makan ialah suatu seni, pinjaman makan pada ayam harus memperhatikan kondisi dan produktivitas pada ayamnya. Dan juga harus memiliki kecakapan dalam mencampur masakan dalam komposisi yang tepat, memiliki rasa yang yummy dan seekonomis mungkin.


Dalam batas-batas tertentu, sebagian besar masakan yang dimakan dicerna dan dikonversikan dalam bentuk daging dan telur. Untuk mencapai ini perlu ransum (susunan) yang tepat dan dalam jumlah yang tepat pula semoga sanggup memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan badan, kebutuhan pokok hidup dan produksi telur.

Untuk pertumbuhan ini dibutuhkan zat-zat untuk pembentukan daging, bulu, yang hampir semua terdiri dari protein. Untuk pokok hidup yaitu penggantian sel-sel yang rusak. Energi untuk mempertahankan temperatur badan, menyerupai pergerakan, pencernaan, semua memerlukan tenaga. Tambahan masakan dibutuhkan untuk produksi telur. Untuk mendapat laba dalam perjuangan peternakan ayam anda harus mendapat telur, dan untuk mendapat telur ini harus selalu memberi makan. Agar mendapat telur yang banyak tidak hanya dibutuhkan masakan yang tersedia tetapi juga harus memiliki kwalitas yang tinggi.

Ayam ini merupakan pabrik kecil dan hanya dengan memberinya materi baku (makanan) dalam jumlah yang besar dan bermutu akan sanggup memprodusir hasil yang baik berupa telur dan daging. Ingatlah bahwa ayam dengan berat tubuh 2 kg sanggup memprodusir 200 telur dengan berat 50 gram per-butir dalam setahunnya.

Disamping protein juga vitamin dan mineral harus selalu cukup tersedia. Untuk kadar serat agresif jangan lebih dari 7 % dan kadar lemak 5 %. Makanan yang diberikan pada ayam petelur terdiri atas masakan halus dengan kadar protein 20 % dan masakan berbutir dengan kadar protein 10 %, yang terdiri adonan 2 bab beras merah, 2 bab jagung, dan 1 bab kacang hijau. Untuk ayam Leghorn sanggup diberikan 100 gram, untuk ayam Red diberi 120 gram sehari. Banyak masakan yang diberikan, masakan halus dan masakan berbutir berbanding : 1 berarti : 50 gram masakan halus dan 5 gram masakan berbutir.

Cara memberikannya secara kering-kering, untuk masakan halus boleh juga dbasahi sedikit. Sebaliknya masakan dibagi dan diberikan beberapa kali sehari. Pagi hari hanya diberikan masakan halus yaitu 2/3 nya dari masakan halus. Siang hari 1/3 dari sisanya dan sedikit masakan berbutir dan Sore hari diberi masakan berbutir sisanya. Dengan demikian ayam-ayam itu tinggal damai dalam sangkar dan sanggup tidur dengan perut penuh.

Disamping ransum tersebut, ayam-ayam itu perlu diberi masakan hijau. Makanan hijau berupa rumput sanggup dimakan sesuka hati, jikalau ayam ini dilepas dilapangan pengumbaran yang ditanami rumput. Apabila ayam petelur dipelihara secara pengurungan maka masakan hijau perlu diberikan yang berupa selada air, rumput, daun semanggi, daun turi, dan sebagainya. Hijauan ini diberikan setelah makan pagi dihabiskan.

Mineral yang diberikan pada umumnya tepung tulang (Calcium dan Fosfor). Bila terdapat tanda kekurangan mineral, diberikan adonan mineral yang lebih sempurna. GRIT perlu disediakan berupa pasir dan kulit keong.

Sekian !!!

Baca juga Cara Memberi Makan Anak Ayam Umur 1 Hari hingga 2 Bulan
Back To Top