Cara Menciptakan Ayam Biar Tetap Sehat

Tempat makan dan minum harus higienis dan litter (alas lantai kandang) harus selalu kering. Tempat minum yang kotor dan makanan yang berjamur, atau litter yang berair memudahkan berkembang biaknya penyakit.


Vaksinasi terhadap penyakit tetelo (NCD) diulang umur 8 hingga 12 ahad (hubungi dokter binatang setempat). Pencegahan terhadap coccidiosi dengan obat-obatan, hindarkan kawanan ayam dari benalu dalam ataupun luar, kawanan ayam harus tumbuh dengan baik tidak ada gejala kelesuan

Cara Pemberian Makan

Cara memberi makan ayam pada umur 1 ½ bulan – 3 bulan : Makanan Fase Kedua sehabis anak ayam mencapai umur 1 ½ bulan, menerima ransum terdiri dari makanan halus dengan kadar protein 20 % dan sebagian makanan berbutir kecil dengan kadar protein 10 %.

Banyaknya makanan halus 40 gram sehari per-ekor dan ditambah makanan berbutir 5 gram yang terdiri dari jagung 2 bagian, beras 2 bagian, kacang hijau 1 bagian.

Makanan Pada Fase ketiga adalah umur 3 bulan hingga 6 bulan : permulaan seekor menerima 50 gram makanan halus dan 20 gram makanan berbutir. Selanjutnya makanan berbutir ditambah dan makanan halus tetap 50 gram.

Pada umur 6 bulan : seluruh ransum terdiri dari 50 gram makanan halus dan 50 gram makanan berbutir dengan kadar protein seluruhnya 15 %. Makanan hijau harus selalu tersedia dan mineral sanggup disusun menyerupai pada fase kedua.

Sekian !!!

Back To Top