Cara Menciptakan Sangkar Peternakan Ayam Pelung

Kandang ialah tempat tinggal untuk ternak, termasuk ayam pelung yang berfungsi untuk membatasi gerak dan melindungi ternak dari cuaca yang tidak menguntungkan. Gerakan yang terbatas mempunyai kegunaan untuk menghemat energi ternak, sehingga sanggup disimpan untuk memproduksi daging dan telur.

Selain itu, ternak yang dilindungi dari cuaca jelek sanggup lebih tahan dari serangan penyakit. Pada mulanya peternak ayam pelung memperlakukan ternaknya ibarat beternak ayam buras. Ayam pelung dibiarkan berkeliaran mencari makan sendiri. Kemudian pada malam hari tidur di sembarang tempat. Baca dulu Cara Pemeliharaan Ayam Pelung


Selanjutnya peternak mulai menyebarkan sangkar dan mulai memisahkan perkandangan sesuai periode umur dan jenis kelamin. Namun peternak masih memberi tempat untuk mengumbarnya dalam pekarangan yang berpagar. Pemeliharaan sistem ini mengharuskan peternak menyediakan pekarangan yang lebih luas kalau jumlah lebih banyak. Kini peternak yang mempunyai lahan sempit pun tetap sanggup beternak ayam pelung dalam jumlah besar dengan menggunakan sistem antara semi intensif dan intensif. Pada sistem ini sangkar terbagi dalam periode umur tapi tidak menggunakan tempat umbaran lagi. Ayam pelung tetap tinggal dalam sangkar sepanjang hidupnya.

Pemilihan Lokasi Kandang Ayam Pelung

Cianjur yang sejuk merupakan kawasan asal ayam pelung. Oleh alasannya itu, lahan untuk perkandangan sebaiknya dibentuk pada kawasan yang sejuk pula. Namun, bila lahan yang tersedia berhawa panas, sanggup diatasi dengan banyak sekali cara yaitu sebagai berikut.
  • Sebelum perkandangan dibuat, lahan sekelilingnya ditanami dengan flora yang cepat tumbuh dan rindang. Lebih baik lagi bila flora itu menghasilkan, ibarat flora buah-buahan. Tetapi jangan hingga lahan menjadi terlalu rimbun, sehingga kekurangan sinar matahari.
  • Kolam dibentuk di tempat yang akan didirikan kandang, sehingga selain memperlihatkan kesegaran juga sanggup sekaligus memelihara ikan.
Selain itu, juga sebaiknya tersedia akomodasi pendukung, ibarat pedoman listrik, persediaan air yang memadai sepanjang tahun, akrab dengan sumber bahan-bahan pakan, dan akrab jalan untuk memudahkan transportasi.

Syarat Pembuatan Kandang Ayam Pelung

Perkandangan ayam pelung sebaiknya mempunyai beberapa syarat antara lain :
  • Jauh dari rumah hunian penduduk sehingga masyarakat sekitar terhindar dari kedaluwarsa dan kotorannya.
  • Mempunyai sirkulasi udara yang baik dan cukup mendapat sinar matahari (terutama pagi hari) yang mempunyai kegunaan bgai kesehatan ayam pelung.
  • Menjamin keselamatan ayam pelung dari hewan pengganggu, ibarat tikus, musang, dan melindungi dari cuaca yang tidak menguntungkan ibarat panas terik, cuek yang mencekam.
  • Memudahkan tata laksana pemeliharaan, antara lain pertolongan pakan, pengambilan telur, dan pencucian kandang.

Bahan Pembuatan Kandang Ayam Pelung

Bahan sangkar tidak perlu mahal yang penting kuat, sesuai dengan penggunaan, gampang didapat dan ekonomis. Beberapa materi yang biasa digunakan antara lain bambu, kayu, genteng, rumbia, dan lain-lain.

Macam Dan Konstruksi Kandang Ayam Pelung

Ada beberapa macam sangkar yang sanggup digunakan pada pemeliharaan ayam pelung. Jenis sangkar yang digunakan sesuai dengan sistem yang dipakai, situasi dan kondisi setempat, serta dana yang tersedia.

Kandang Lantai Rapat

Merupakan sangkar koloni (memuat banyak ayam) yang terbuat dari bambu atau semen. Untuk mengurangi kelembapan dari kotoran dan lantai (terutama lantai semen) diharapkan ganjal (litter) yang menutupi seluruh lantai kandang. Alas sanggup dibentuk dari bahan-bahan organik atau non organik, asal bahannya kering dan berdaya serap. Daya serap ganjal penting untuk menjaga biar lantai tetap kering. Bahan-bahan itu antara lain berupa sekam, serbuk gergaji, pasir, kapur, dan kerikil.

Penghamparan ganjal dibentuk sedemikian rupa yang didahului pencucian dan fumigasi lantai. Susunan ganjal sangkar ialah sebagai berikut.
  • Pasir ditaburkan secara merata dan merupakan lapisan pertama.
  • Lapisan kedua berupa kapur matang. Kapur matang berfungsi untuk mengurangi penguapan.
  • Lapisan ketiga berupa watu yang mempunyai kegunaan untuk melancarkan penguapan kapur.
  • Sebagai lapisan terakhir digunakan serbuk gergaji, sekam, atau padi yang bertujuan untuk mencegah kebecekan sangkar jawaban kotoran ayam atau air minum, selain itu mempunyai kegunaan untuk kenyamanan ayam.

Kandang Lantai Renggang

Kandang ini lantainya berkisi-kisi sehingga kotoran sanggup eksklusif jatuh. Beberapa laba penggunaan sangkar ini sebagai berikut.
  • Kesehatan ayam lebih terjamin alasannya kotoran eksklusif jatih dan peternak tidak repot membersihkannya.
  • Daerah yang sering banjir menjadi lebih kondusif alasannya tidak tergenang. Selain itu, bila atap bocor sangkar tidak menjadi becek.
  • Jika pemeliharaan dipadukan dengan ikan, maka kotoran ayam yang jatuh sanggup menjadi makanan ikan.
Berdasarkan jumlah ayam yang sanggup ditempatkan dalam kandang, maka sangkar dibedakan atas
  • Kandang Individu Battery : Merupakan sangkar yang hanya diisi dengan satu ekor ayam. Biasa digunakan untuk sangkar ayam remaja dan dewasa.
  • Kandang Koloni : Merupakan sangkar yang sanggup diisi beberapa ekor ayam yang jumlahnya tergantung dari periode umur dan luas kandang. Bisa digunakan untuk anakan, ayam remaja, dan yang sudah dewasa.
Sumber : Search Google
Back To Top