Makanan Sehat Untuk Ayam Bangkok

Ayam Bangkok populer sebagai ayam aduan yang sering digunakan untuk para tukang sabung ayam. Ayam ini juga populer dengan kegigihan dalam bertarung.


Dalam memelihara ayam Bangkok ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama masakan yang harus anda berikan untuk dikonsumsi oleh ayam tersebut. Karena itu, pengetahuan wacana pakan/makanan mutlak diketahui oleh para pemelihara ayam Bangkok. Sebaiknya pengetahuan akan hal ini didapat sebelum para pemelihara pribadi memelihara ayam bangkok.

Pakan Pelet

Pakan pelet merupakan materi pakan yang digiling lalu dipadatkan. Keuntungan dari bentuk pakan ini ialah sangat disukai ayam, sebab meningkatkan selera makan. Di samping, sanggup menekan tingkat pemborosan pakan. Karena itu, efisiensi pakan pelet jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pakan tepung.

Pakan Tepung

Pakan tepung ialah pakan yang didapat dari hasil penggilingan tanpa dipadatkan. Saat diberikan kepada ayam, nantinya, pakan ini dicampur dengan materi pakan lainnya sehingga menjadi homogen. Pada umumnya, ayam yang diberi makan dengan pakan tepung ialah ayam berumur kurang dari seminggu. Lebih dari itu biasanya memakai pakan remah atau pelet. Keuntungan pakan tepung ialah harganya yang murah. Sementara kerugiannya ialah pakan gampang dikais oleh ayam dan pencampuran yang tidak merata sehingga ada pemisahan materi yang mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi yang akan dikonsumsi oleh ayam.

Pakan Remah

Pakan remah pada umumnya didapat dengan cara memecah pakan pelet menjadi butiran-butiran kecil (remah). Peternak biasa memperlihatkan pakan ini untuk ayam umur 2 ahad hingga panen.

Pakan Jagung

Jenis pakan ini diberikan kepada ayam pukul, memiliki pertumbuhan jalu lambat maupun lepek (tidak tumbuh jalu) memiliki kandungan karbohidrat yang tertinggi diantara beras merah dan gabah, kandungan fosfor dan kalsium besar lengan berkuasa baik terhadap pertumbuhan tulang. Tulangan ayam Bangkok menjadi kuat dan besar. Karbohidrat mengakibatkan ayam memiliki tenaga yang besar dan pukulan keras. Cara penggunaan jagung ialah direndam dulu sebelum diberikan biar menjadi lebih lunak.

Pakan Gabah

Pakan jenis ini mengakibatkan badan ayam bangkok menjadi ringan dan kesat, seolah-olah dangan beras merah, hanya saja gabah memiliki kandungan vitamin yang lebih kompleks, kalsium yang tinggi dan ekonomis, memperkuat bulu sehingga tidak gampang rontok bulunya. Gabah sangat sesuai dengan ayam tipe jalu yang memerlukan kelincahan terbang untuk menyerang cepat. Pemberian gabah hendaknya direndam air dulu dan gabah yang mengapung dipisahkan.

Pakan Beras Merah

Jenis Pakan ini diberikan sesudah ayam bangkok cukup umur yaitu sesudah pertumbuhan bulunya selesai, beras merah memiliki kadar protein yang tinggi, mengandung rendah lemak, dan gampang dicerna. Ayam yang diberikan beras merah akan menjadi kekar dan padat, hanya bobot ayam menjadi berat namun sesuai dengan ayam yang memiliki dasar pukulan yang keras. Cocok diberikan pada ayam yang tipe jalu sehingga pertumbuhan jalu menjadi cepat. Ayam jalu yang baik memiliki tipikal harus cepat memyelesaikan pertarungan.

Referensi : Berbagai Sumber
Back To Top