Ayam Phama, Birma, Bhama Merupakan Satu Jenis Ayam Yang Sama, Kecuali...

- Ada seseorang penggemar ayam mengajukan pertanyaan wacana bedanya Phama dengan Birma itu ataukah jenis  sama?. Dan ada juga beberapa orang di wilayah katanya tidak sama dan juga mengingat jenis birma juga beragam.

Asal muasal Ayam Burma berasal dari negara Miyanmar (Burma). Ayam Burma tergolong klasifikasi dalam ayam teknik dengann tipe penyarang yang tidak mengecewakan handal, gerakan anti lock, pukul sasaran tepat utamanya dikepala, pukul atret mundur dan cepat, pukulan rata-rata yaitu jalu, seakan mempunyai semangat tinggi dan nyali pantang menyerah. Akan tetapi tetap mempunyai beberapa kehabisan menyerupai tulangan tipis (tidak tahan pukul), dikala bertarung sayap mudah turun, kurang tahan terhadap pukulan badan.

Sebelum lebih jauh ada beberapa ciri khas dan huruf yang terdapat pada ayam birma seperti:
1. Ayam burma ini mempunyai teknik yang cepat dalam penyerangan dan umumnya beliau menyerang dari arah depan, serta mempunyai kesanggupan untuk melepaskan diri atau lepas lock dari lawannya dengan gesit.
2. Untuk posturnya sendiri ayam birma ini tidak jauh beda dengan ayam kampung biasa dan mempunyai berat 2,8-3kg.
3. Jari kaki yang kecil dan panjang
4. Tulangan ayam ini relative kecil dan agak tipis (ayam birma ori)
5. Jenis bulu yang di miliki ayam ini yaitu condong menjauhi warna ayam Thailand. Ayam Thailand mempunyai warna mayoritas menyerupai Kuning Merah, Merah Hitam, atau pun hitam dan lainnya. Sementara ayam ini lebih terhadap warna warna adonan dari merah, abu-abu, wido serta menjauhi warna primer ayam Thailand ( bangkok )
6. Gaya bertarung pranggal (pukulan tanpa mematuk), kesanggupan mengelak dari musuh kadang ngolong, lari memutar, biasa main jaga jarak, bila musuh munculnya tanggung / tidak yakin akan dengan mudah disikat oleh ayam ini. Namun dengan tulangan yang kecil menciptakan ayam ini tidak terlampau mempunyai dampak bila sering kena pukulan keras utamanya pada bab tubuh atau punggung, jadi tidak menutup kemungkinan di saat tarung dalam durasi yang usang tidak menutup kemungkinan ayam ini akan lari gak mempunyai dampak di pukuli.

Perbedaan Ayam Jenis Phama, Birma Dan Bhama 

Dilansir dari artikel "Ndan Jalon",Tentang istilah Phama dan Birma."Phama" atau "Bhama" yaitu lafal/pronunciation orang Thai untuk menyebut kata "Birma"/"Burma".
Logat orang Thailand tidak dapat mengucapkan kata "Birma"/"Burma" dengan sempurna. Jika mereka menyebut itu, akan terdengar menyerupai "Bhama" atau "Phama".

Seperti orang Thai yang tidak dapat menyebut kata"Hotel" dengan tepat dan akan terdengar seperti"Hoten" atau "Hoteo".Apakah menyerupai ini artinya berlawanan antara "Hotel" dan "Hoten"/"Hoteo" ?Hal menyerupai ini sepantasnya tidak kita perdebatkan alasannya cuma permasalahan pronunciation/pengucapan.Yang lebih parah lagi, bila ada yang menciptakan hal menyerupai ini baik sengaja maupun tidak menjadi suatu komoditi. Bagaimanapun juga, komoditi yang menurut atas estimasi yang salah, tidak akan bertahan lama.Jadi "Phama" atau "Bhama" atau "Birma" atau"Burma" yaitu sesuatu yang sama.

Akan tetapi dilansir dari halaman Papaji salut yang dilansir dari lembaga PAPAJI, ayam Pama ialah musim ayam aduan kini ini sudah mengalami suatu pergantian pertumbuhan yang sungguh besar. Dimana sukses diciptakan ayam aduan dari aneka macam jenis genetika yang sungguh-sungguh luar biasa & tangguh. Adalah ayam dari genetik Burma mix Bangkok atau yang lebih dimengerti dengan Pama, kini di negeri Siam sudah terbukti menjadi yang terbaik.

Dari gen inilah sudah banyak di laksanakan perkawinan silang (crossbreeding) dengan gen ayam Thai, Saigon / ganoi, Pakhoe, Brazilian, yang menciptakan aneka macam jenis menyerupai ayam Magon (pama-saigon), MaThai (pama-thai) dan nama-nama lain. Ayam Pama mempunyai jenis permainan yang dapat dikatakan unik dimana tingkat akurasi/ ketepatan pukulannya sungguh tinggi.

Pukulannya yang keras & cepat senantiasa tentang bab kepala, mata & paruh. Tehnik permainannya yang unik, dimana banyak sepak (Tembak / mranggal) dan devensif sulit masuk belit selain tidak makan pancing (Lock) sudah banyak membuat ayam dari jenis Bangkok (Thai) yang kondang dengan super lock mesti sering tersungkur di dalam gelanggang. Evolusi Pama sudah berlaku di Thailand di mana nyaris 90% darah ayam Aduan mereka yang masuk arena gelanggang aduan di sana kini ialah turunan dari darah ayam Pama.

 Ada seseorang penggemar ayam mengajukan pertanyaan wacana  Ayam Phama, Birma, Bhama Adalah Satu Jenis Ayam Yang Sama, Kecuali...
Foto Instagram birma ori

Bagaimana Menurut Saudara Sehobi?
Tulis di kolom komentar!

Back To Top