Tumbuh Sehat Sampai Arif Balig Cukup Akal Dan Merata, Begini Cara Merawat Anak Ayam Aduan Yang Benar

Setiap anak ayam (kutuk) sang pemilik memiliki impian agar sehat dan juga lolos seleksi baik mutu maupun seleksi alam yakni dengan proteksi vaksin. untuk tahap seleksi kualitas. beberapa tahap dijalankan dengan mengawali dari cara merawat apalagi dahulu. penanganan ayam diusia gres menetas sudah kebiasaan dibiarkan bareng induknya selama 7 hari untuk disiang hari dan malamnya diposisikan dalam box berlampu dimana induk diposisikan mempertahankan diluar box.

Setiap pagi anak ayam dijemur dipagi hari antara pukul 7-8 pagi -+ selama 10-25 menit tergantung cuaca. ini ditujukan agar anak ayam bisa menyerap vitamin yang terkandung dalam cahaya matahari pagi dan juga agar ayam memiliki kulit yang tebal dan merah disaat beranjak remaja dan tidak lemas. untuk proteksi pakan. 591 yang dikombinasikan dengan ad1 kadang-kadang juga dikombinasikan dengan susu bubuk afkir tergantung ketebalan kantong diberikan sampai usia genap 1 bulan.

Dan sudah kebiasaan bagi pemilik farm  untuk memberi vaksin ND. dan vaksin yang digunakan yakni Medivac ND La Sota biasa diberikan pada vaksinasi pertama secara tetes mata/hidung untuk menggertak pembentukan kekebalan lokal. Tahap proteksi vaksin pertama kali diberikan sejak ayam berusia 1-4 hari. dan berulang untuk diusia genap 1 bulan dan 2 bulan.

Namun diusia berikutnya vaksin yang digunakan yakni Medivac ND G7B Emulsion tujuann merupakan lebih banyak didominasi untuk membentuk kekebalan humoral (kekebalan yang beredar dalam darah). tetapi sejak usia genap 2 bulan sang pemilik mulai memadukan proteksi jenis ini. aplikasi keduanya di lapangan tentunya tidak akan menyebabkan restriksi (penghambatan antar vaksin), justru akan saling melengkapi. Kedua vaksin tersebut memiliki prosedur masing-masing dalam menggertak kekebalan kepada virus ND dan tidak mengusik satu sama lain. Kombinasi kekebalan setempat dan humoral terbuat oleh kedua jenis vaksin tersebut sudah terbukti di lapangan sanggup menyediakan proteksi pada ayam dari serangan virus ND yang ganas sekalipun.

Dan untuk mensupport perkembangan dimasa starter dimana usia ini sungguh menyeleksi pembentukan organ dalam ayam juga diberikan multivitamin rhodivit lewat minum selama 4hari berturut turut selama satu minggunya. dan agar perkembangan anak ayam  merata maka pemisahan jenis kelamin dalam 1 box dijalankan sejak usia antara 3-4minggu. ini disebabkan perkembangan jenis kelamin jantan lebih cepat. dan diusia tersebut pemotongan sedikit bulu ekor dan sayap dijalankan demi mendukung perkembangan tubuh lewat peresapan kandungan masakan dan ditujukan untuk mengurangi pengaruh luka bermain tarung yang secara nulari dimiliki oleh anak ayam aduan.

diusia sebelum genap 1 bulan sanggup dimulai tahap seleksi afkir. seleksi ini tergantung selera tetapi mayoritas yang memiliki cacat fisik seumpama kaki ciker akan disafkir oleh sang pemilik. juga pada khutukan yang terjangkit virus dalam tahap kronis. diusia sebelum 6-7 ahad khutukan sungguh rentan mengalami serangan koksiodisis (serangan pada pencernaan oleh virus) indikasinya berak darah.

 sang pemilik memiliki impian agar sehat dan juga lolos seleksi baik mutu maupun s Tumbuh Sehat Hingga Dewasa dan Merata, Begini Cara Merawat Anak Ayam Aduan Yang Benar

Back To Top