Mensoal Pial Atau Jengger Sumber Mitos Atau Fakta?

Dalam bahasa daerah jawa barat lebih dipahami jengger sumur. jengger sumber merupakan katuranggan yang terletak pada pial atas yang berupa seumpama sumur (berlubang) baik dibagian depan maupun belakang.

Banyak mitos yg menyertai jengger ayam selaku pola jengger sumber mitosnya merupakan bahwa ayam dg jengger nyumur/sumber memiliki nafas yg jelek

Didalam kemajuan dunia ayam aduan diindonesia beredar dua segi keyakinan untuk ayam yang memiliki katuranggan ini. sebagian mempercayai bahwa ayam yang memiliki jengger sumber merupakan ayam yang tak punya pengaruh menang dikarenakan moral lari meninggalkan bangkai atau lari sendiri dan tidak mau menghadapi lagi musuh dalam suatu pertandingan yang diisi dengan uang. tetapi sebagian pula menilai ini hanyalah suatu mitos dikarenakan telah mengambarkan secara pribadi diarena.

 Owner Apache Farm menyampaikan soal pial yang bolong.dan kaki pipit g dapat pakeayam ini kaki pipit dan jengger bolong.Menurut katanya ayam mirip ini g dapat buat main bla .bla bla. (kaki pipit dalam persepsi minus yang beredar. type ini .mudah terjatuh dikarenakan potongan jempol yang kurang menyanggupi standar ‪#‎foto2‬ ) Kenyataan yg ada ayam ini mulai dari lomba hingga dengan golongan atas dapat menang dan aku sendiri yg menjinjing ayam ini ke golongan atas palembang dan menang.sampai kini ayam ini belum pernah kalah .

Beliau berlanjut dan mengisahkan bahwa ayam yang berjulukan Sorban (julukan di Papaji anti primbon) ini menyapu piala dalam lomba IBC MARUNDA HMSkontes PAPAJI CIPULIR dan 2 x win golongan paling besar Palembang dengan T yang menakjubkan di tahun 2013 silam.

Beliau juga menyertakan bahwa sang satria memiliki Keunikan tarung yakni pola tarung yg berubah senantiasa dapat mengatasiGaya tarung musuh Dan dibarengi dengan titik perkenaan pukul serta jalu di sekeliling mata,telinga, sambungan Kepala

Selama 2 kali di palembang kemenangan tidak hingga 3 rondedari permulaan ronde hingga kemenangan senantiasa unggul tidak pernah asor. Ayam versi kini terlebih bukan ayam orisinil indonesia tidak bisa di tenggarai dgn mitologi Kita  mirip ayam jengger bolong tidak bisa menang dgn nilai T tinggi Dan lebih ekstrim lagi meninggalkan bangkai atau ayam telah unggul tiba-tiba lari.

Jengger sumber kenapa disirik dan pada biasanya lari di tengah-tengah pertarungan, alasannya cukup simpel, di dalam sumber/dasarnya dihuni oleh kutu-kutu penghisap darah. Apabila luar biasa dlm kondisi bertarung menyebabkan sirkulasi darah sungguh cepat/kencang dan suhu meningkat, hal itu merangsang kutu untuk menghisap darah. Pada kondisi demikian, luar biasa mencicipi sakit dan perih juga gatal. Konsentrasi tarung melemah padahal jugadipukuli lawan.

Pial sumber ayam jelek hal tersebut kurang sempurna alasannya secara budi panjang pendeknya nafas ayam sungguh di pengaruhi oleh banyak faktor,terutama organ" pernafasan. Jengger sendiri nyaris tadak memiliki kaitan dengan sistim pernafasan ayam,sehingga kurang sempurna apabila hal itu di sangkut pautkan. Menurut observasi jengger terbentuk dari tulang rawan/cartillage sehingga justru jengger memiliki keterkaitan dengan tulang.

Namun Apabika pemilik ayam sering-sering bersihkan dan diberi saleb pembunuh kutu, permasalahan telah selesai. Jago tidak terkendala oleh kutu. Namun disetiap daerah memiliki perbedaan dan pengertian untuk literatur ini. tetapi inilah keindahan suatu seni perbedaan yakni berlainan tetapi tetap satu guyub dan rukun.

 Dalam bahasa daerah jawa barat lebih dipahami  jengger sumur Mensoal Pial atau Jengger Sumber Mitos atau Fakta?




Back To Top